Rabu, 23 November 2011

CARA MEMBUAT SABUN MANDI TRANSPARAN


Sabun transparan tak sekedar sabun mandi biasa. Jika dilihat dari penampilannya, sabun transparan ini terkesan sabun eksklusif dan menarik. Apalagii bila dicetak menjadi bentuk yang unik dan lucu, dapat dijadikan untuk souvenir pernikahan atau sabun hotel.
Khusus untuk souvenir pernikahan, sabun transparan ini dengan kreatifitas, didalamnya sabun transparan dapat di beri sesuatu benda, khususnya benda yang berbentuk huruf. Maksudnya huruf pertama dari masing-masing nama pengantin, misalnya yang menikah Sugeng……dan Marisca….., maka huruf pertama dari masing-masing pengantin “S & M”. Huruf “S & M” ini dimasukkan didalam sabun transparan tersebut.
Cara memasukkan kedua huruf tadi, tuangkan cairan sabun yang baru dibuat didalam cetakan, cukup setengah dari cetakan sabun, tunggu sampai sabun agak mengeras, selanjutnya letakkan kedua huruf tadi diatas sabun agak ditekan sedikit agar kedua huruf sedikit terbenam, tunggu sampai semalam, sabun akan mengeras dengan sendirinya. Kemudian kita membuat lagi sabun transparan bisa dengan warna yang berbeda, tuangkan lagi cairan sabun tersebut kedalam cetakan yang ada hurufnya tadi hingga memenuhi cetakan. Dengan demikian kedua huruf tadi ttidak akan tergeser oleh tuangan sabun yang kedua. Tunggu semalam lagi ( total 2-3 hari ) sehingga sabun akan mengeras. Kemudian angkat sabun transparan ini dari cetakan.
Atau kita membuat sabun transparan dengan penampilan warna-warni. Caranya sama seperti cara diatas tunggu sabun mengeras kemudian tuangkan sabun yang baru dibuat dan ini bisa lebih dari dua warna. Kemudian di kemas plastik atau kemasan yang transparan sesuai dengan kreatifitas anda.

Komposisi pembuatan sabun transparan:
1. Minyak kelapa 100 ml
2. NaOH Farmasetis
3. Asam stearat
4. Alkohol 70% 70 ml
5. Gliserin secukupnya
6. TEA
7. Parfum secukupnya
8. Pewarna secukupnya
9. Gula pasir
10. Air

Peralatan yang dibutuhkan : Wadah, pengaduk kayu, kompor dan termometer ( Rp. 20.000an aja )

Cara Membuat Sabun mandi Transparan:
1. 100 ml tuangkan ke wadah dan dipanaskan
2. NaOH secukupnya + 50 ml air
3. (1) + (20) aduk rata suhu tetap stabil ( sekitar 15 menit )
4. Asam stearat dilelehkan dengan wadah ditutup
5. (3) + (4) aduk rata hingga homogen
6. (5) + alkohol aduk rata
7. (6) + TEA aduk rata
8. (7) + Gliserin + larutan gula aduk rata dengan tetap dipanaskan selama sekitar 5menit, setelah jernih   diangkat dan
diamkan agak dingin.
9. (8) + Pewarna secukupnya
10. (9) + Parfum secukupnya
11. Tuangkan ke dalam cetakan, diamkan semalam, sabun akan mengeras dengan sendirinya
12. Angkat dari cetakan atau dengan membalikkan cetakan, sabun akan terlepas dan siap dikemas

Catatan:
Hasil sabun PH sekitar 9 ( Standar PH 8-10) atau untuk menurunkan PH dengan menambahkan asam stearat, tektur sabun halus, busanya banyak, tingkat kekerasannya standar seperti sabun pada umumnya.
Untuk cetakan sabun kita bisa menggunakan cetakannya agar-agar atau kita membuat cetakan sendiri ataupun pesan cetakan sabun pada yang ahlinya dengan cetakan yang unik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar